POSISI INDONESIA : Letak Geografis

Jumat, 20 Mei 2011
POSISI INDONESIA : Letak Geografis

Sebagai warga negara yang baik,yang mengaku bangsa Indonesia...sudah seharusnya kia tahu..dimana sihh letak dan posisi Indonesia ini??
Negara yang sudah menjadi tempat tinggal kita selama ini atau bahkan selama – lamanya hingga waktu yang memisahkan..??
Tak pantas rasanya jika kita mengaku warga negara Indonesia namun, ketika ditanya;

Dimanakah letak negara Indonesia itu?

Tenaaangg..

Yuk,cari tahu..dimana sih letak negara kita Indonesia tercinta ini..
Indonesia, yang orang sering menyebutnya sebagai negara kepualauan, atau ada yang menyebut sebagai negara maritim, ini, berdasarkan pada posisi geografis, terletak diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, lalu berada diantara benua Asia dan benua Australia.
Strategis sekali bukan,,harusnya untuk sektor perdagangan Indonesia bisa lebih maju daripada kenyataannya,mengingat posisi ini sangat strategis karena, menurut nenek moyang kita, negara Indonesia ini terletak pada jalur perdagangan international antara benua Asia, Afrika, dan Amerika.Oke kan..
Untuk lebih detilnya mengenai batas – batasnya, negara Indonesia memiliki batas-batas: Utara - Negara Malaysia, Singapura, Filipina, Laut Cina Selatan. Selatan - Negara Australia, Samudera Hindia. Barat - Samudera Hindia. Timur - Negara Papua Nugini, Timor Leste, Samudera Pasifik.

Selain diapit oleh dua benua dan dua samudra tersebut, Indonesia juga terletak pada pertemuan pegunungan sirkum pasifik dan sirkum mediterania, yaitu pegunugan api bawah laut yang sering disebut dengan istilah ring of fire.
Posisi – posisi tersebut, tentu memiliki dampak tersendiri bagi bangsa Indonesia yang tentunya tak hanya dampak positif, namun dampak negatif juga.
(dampak – dampak tersebut akan dibahas pada posting – posting berikutnya)

0 komentar:

Posting Komentar