Kenalan yuuk..sama BENCANA

Sabtu, 09 April 2011
Memang,tak dapat dipungkiri lagi, kata bencana kini telah menjadi  begitu sangat  akrab ditelinga kita. Bagai sahabat baru bagi kita belakangan ini. Belum genap setahun saja berkali – kali dia menghampiri kita. Tak pernah bosannya, bahkan selalu saja pada setiap kedatangannya itu tak pernah ragu dia meninggalkan sesuatu layaknya seorang tamu membawa oleh-oleh yang diberikan kepada penjamunya. Begitu halus,tak mengenal pamrih pemberiannya itu.Tulus dan tak mengharap imbalan apapaun.
Namun, belum pantas rasanya jika kita mengaku sudah sangat akrab dengan “BENCANA”  namun tak pernah tahu siapa dia dan dari mana asalnya. Nah, maka dari itu marilah kita berkenalan dulu dengan “BENCANA”. Siapa dan dari mana dia datang??
BENCANA.
BENCANA adalah sebuah kata yang tersusun atas tujuh huruf B-E-N-C-A-N-A (Lhah,kalo itu sudah tahu mbak..hehehe). Lha terus….
Nih, teori  yang sebenarnya. Bencana, jika dalam bahasa Inggri sdisebut disaster . Secara etimologi, disaster berasal dari kata DIS yang artinya kerusakan dan ASTRO artinya bintang yang berjatuhan. Nah intinya, disaster itu adalah sesuatu yang merusak. Nah udah tahu kan siapa bencana itu??Lanjut.kita cari tahu dari mana asal dan datangnya bencana itu..oke.
Dari yang  merusak itu, dia (baca : Bencana) datang ketika bertemu dengan situasi – situasi yang rentan.  Nah, dia bisa datang dari arah mana saja dan sayangnya si bencana ini tak pernah memberi kabar kapan dia akan datang dan berapa lama akan tinggal ( Suka kasih surprise kali yaa..hehe).Udah kayak episodenya jelangkung aja tuh,datang tak diundang,pergi pun tak diantar.
Bencana ini ada banyak contohnya misal ; banjir, gempa bumi, tsunami, longsor, kekeringan, angin  rebut,dll yang merupakan bagian dari siklus alam. Nah, pada saat bahaya – bahaya tersebut memberikan dampak yang kepada masyarakat  yang rentan baik berupa gempa bumi yang menghancurkan bangunan – bangunan, angin ribut yang memporak – porandakan infrastruktur kehidupan, sampai pada kekeringan  yang turut memberikan andil pada kehancuran hasil bumi itu, masyarakat harus menghadapi situasiu tersebut yang sangat parah sehingga memerlukan bantuan yang bersifat darurat guna menyelamatkan dirinya, kehidupannya, dan lingkungannya.
Dari uraian diatas, BENCANA tadi dapat diartikan sebagai suatu gangguan yang serius yang mengganggu fungsi masyarakat, yang menyebabkan kerugian – kerugian lingkungan dan material manusia yang melebihi kemampuan dari masyarakat  yang kedatangan bencana.
Seringkali kita asal saja mengartikan sesuatu sebagai bencana. Agar tidak terjadi kesalahapahaman dari bencana tersebut, disini akan diuraikan mengenai jenis – jenis bencana atau kategoii dari bencana tersebut.
Bencana dapat dikategorikan menjadi tiga macam;
1. Bencana Alam, yaitu bencana atau peristiwa yang disebabkan oleh alam seperti gempa bumi, longsor, banjir, tsunami, genung meletus,dll.
2. Bencana Non Alam, yaitu bencana atau peristiwa yang disebabkan oleh faktor non alam seperti gagal teknologi, gagal moderenisai, atau wabah penyakit.
3. Bencana Sosial, yaitu bencana atau peristiwa yang disebabkan oleh manusia seprti konflik sosial anatar kelompok masyarakat atau teror. 

 


Nah, demikianlah uraian singkat mengenai siapa dan dari mana asalnya BENCANA. Dari sini kita juga menjadi tahu bahwa memang Negara Indonesia adalah rentan terhadap bahaya lengkap dari kategori apapun..iya nggak??hehehe

0 komentar:

Posting Komentar