POSISI INDONESIA : Letak Astronomis

Sabtu, 21 Mei 2011
POSISI INDONESIA : Letak Astronomis

Setelah sebelumnya kita bahas letak geografis Indonesia, yuukk kita cari tahu dimana posisi negara Indonesia berdasarkan letak astronomisnya.
Letak astronomis yaitu, posisis suatu negara berdasarkan garis lintang juga garis bujur.
Apa itu garis lintang dan garis bujur???
Garis lintang yaitu garis khayal yang membentang memisahkan bumi tempat kita tinggal ini antara belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Sedangkan garis bujur yaitu, garis khayal yang membentang memisahkan belahan bumi barat dan belahan bumi timur.
Lalu kenapa disebut grais khayal??apakah garisnya cuma khayalan??atau bagaimana??
Yakkk,disebut – sebut sebagai garis khayal karena garisnya yang memang tidak tampak kasat mata. Hanya sebagai penanda saja.Jadi, kalau teman – teman cari dimana dan seperti apa bentuk garisnya, maka taka kan pernah ketemu sebab garis – garis ini hanyalah bentuk kesepakatan para ilmuwan terdahulu sebagai pembatas dan bembagi wilayah – wilayah belahan bumi.
Indonesia, negara kita ini sendiri terletak pada 6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT. Berdasarkan letaknya itu, Indonesia tepat dilalui oleh garis equator yaitu garis khayal yang tepat mebagi bumi menjadi dua belahan sama persis. Garis equator ini sering pula disebut garis khatulistiwa yaitu pada posisi 0o .Makanya , Indonesia sering disebut sebagai Zamrud Khatulistiwa. Adapun kota yang dilalui garis khatulistiwa ini adakah kota Pontianak.

0 komentar:

Posting Komentar